Senin, 22 Mei 2017

Review KALBE Junior Scientist Award 2016 : Ajang Inovasi Sains Siswa SD

Selasa, 22 maret 2013 saya hadir dalam undangan dari KALBE kepada GURU Se-Jabodetabek, perwakilan guru ini diundang dalam rangka KICK-OFF pembukaan Lomba Junior Scientist Award tahun 2016 sekaligus mendapat materi seminar pendidikan " PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KARYA SAINS KREATIF PADA SISWA SD"
Merangkum dari materi seminar yang dibawakan oleh berbagai narasumber di bidang pendidikan diantaranya ;
P_20160322_124520.jpg
Peran Guru dalam meningkatkan Sains
Ananto Kusuma Seta l Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Memberikan paparan tentang kunjungan beliau ke salah satu sekolah dasar di Amerika tepatnya di Silicon Valley bahwa Kurikulum disana banyak pembelajaran yang di proses menjadi Mengaplikasikan dunia kerja ke dalam sekolah sehingga anak tertantang dalam kondisi nyata di luar sekolah. Ada kemampuan "speaking" anaka terbiasa berbicara bahasa "formal" dan sopan dalam menjelaskan dirinya dan apa yang ingin dibicarakannya. Berikutnya sudah terbiasa belajar dalam "Computional Thinking" dimana anak menjadai terbiasa dalam bidang teknologi sedari dini.
Menjadi Guru Kreatif untuk mencipta Siswa Inovatif
Tjut Rifamelitia l Psikologi Universitas Indonesia
Guru kreatif menjadikan siswa inovatif, beliau memberikan tips dan trik bagaimana siswa menjadi "betah" dan senang untuk mencari ilmu di sekolah. Diantaranya guru harus penuh kasih sayang, pengalaman, penghargaaan dan lainnya yang membuat siswa mampu mengeluarkan potensi terbaiknya.
Menggali Ide & Gagasan Kreatif Untuk Pembuatan Karya Sains Siswa SD
Nouriana Sumarti, P.Hd l Dosen ITB
Inti dari karya cipta adalah sebuah ide original yang dapat dibuktikan dengan ilmiah. Alur yang dapat diambil dalam membuat Karya SAINS adalah dengan Observasi-Pertanyaan-Hipotesis Deskripsi-Menguji Hipotesis-Menganalisa Data-Mereproduksi.
Selanjutnya diberikan pengalaman tenatnag mengajar didesa tertinggal oleh seorang Guru yang ikut dalam program INDONESIA MENGAJAR dimana sebuah "Surprise" siswa disaan bisa melakukan sains dengan sederhana, suka dan cinta melakukan karya sains, ia memberi contoh tentang siswa yang berusaha meneliti tentang Pengawetan ikan dengan 3 cara dan diambil mana yang paling baik dan lama proses pengawetan tersebtu. Jadi guru bisa berperan sangat baik dalam merangsang siswa untuk menciptakan karya SAINS sejak dini.
Berikut saya tampilkan contoh karya SAINS siswa untuk tingkat Sekolah Dasar yang akan membuat kita HERAN dan BANGGA inilah karya anak kita, siswa kita, pelajar Indonesia yang sebagian karya tersebut sudah diperlihatkan dan dpuji Presiden Jokowi dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anis Baswedan antara lain ::



Program ini mengajak siswa untuk berkarya di bidang SAINS terlebih siswa dapat melihat permasalahan di sekitar dan mencari solusi jawabannya.
Suka mengamati lingkungan sekitarmu ?
Adakah permasalahan yang menarik
Ayo ! Buat karya sains yang bisa menjawab permasalahan itu ?
Setiap siswa bebas berkreasi memilih tema, misalnya tema materi pembelajaran, lingkungan hidup, tempat tinggal, masyarakat, energi, makhluk hidup dan lain-lain.
Karya SAINS yang ditulis bisa dari bidang IPA dan terapannya, Matematika atau kombinasi dari ketiganya. Khusus untuk Matematika, hasil karya tidak berupa permainan matematika.Selengkapnya =>> www.kalbe-kjsa.com
*Dicatat bersamaan demo Taksi dan Bajaj di Senayan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peta Indonesia

Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Peta bisa disajikan dalam b...